Juni 04, 2009

024. Serba-serbi Anak Autis

Serba-serbi Anak Autis

Pengarang : D.S. Prasetyono
Stok : tersedia
Harga : Rp. 34000
Sinopsis :

Anak autis atau penyandang tuna grahita sama sekali tidak berbeda dengan anak lainnya. Mereka hanya membutuhkan bimbingan dan dukungan ekstra dari orang tua dan lingkungannya untuk tumbuh dan berkembang agar dapat hidup mandiri.

Autisme adalah suatu gangguan perilaku yang membuat penyandangnya lebih suka menyendiri. Dalam bentuk ringan dapat diketahui melalui perilaku yang agak aneh. Tapi, jangan salah, banyak pula dari penyandang autis itu yang menjadi ilmuwan, artis, atau seniman besar. Hal itu dimungkinkan terjadi karena justru dalam penyendirian itulah mereka dapat berkonsentrasi total pada sesuatu yang menarik perhatiannya, dan dari situlah mereka mampu menghasilkan karya-karya besar.

Untuk mendiagnosis gangguan autisme tidak memerlukan pemeriksaan yang canggih, seperti Brain Mapping, CT-Scan, dan MRI. Pemeriksaan-pemeriksaan itu hanya perlu dilakukan jika terjadi indikasi tambahan, misalnya anak sering kejang dan epilepsi.

Buku yang sangat lengkap mengupas seluk-beluk anak autis ini ditujukan untuk membantu para orang tua dan guru pendidik agar memperoleh pengetahuan mendalam tentang autisme, cara melakukan diagnosis, dan sekaligus melakukan terapi yang paling tepat dan bijak. Hal ini penting disadari agar para orang tua dan guru pendidik tidak salah dalam memperlakukan dan menangani anak autis, seperti mengasingkan, mengisolasi, atau bahkan menganggapnya cacat mental.

Dengan hadirnya buku ini, para orang tua kini tak perlu pesimis bila kebetulan memiliki anak penyandang autis, sebab jangan-jangan justru dari autisme itulah kelak anak Anda akan tampil sebagai orang besar di zamannya. Dan ingat, kata kunci paling awal tergantung pada pemahaman, penanganan, dan kasih sayang Anda!