Juni 27, 2009

152. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan

Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan

Pengarang : Kelvin Seifert
Stok : tersedia
Harga : Rp. 30000
Soft Cover
Sinopsis :

Pembelajaran adalah usaha sistematis yang memungkinkan terciptanya pendidikan demi meraih internalisasi ilmu pengetahuan sebagai proses pengalaman khusus yang bertujuan menciptakan perubahan secara terus-menerus (dinamika) dalam perilaku dan pemikiran manusia. Maka intensitas dan efektivitas hasil pendidikan (out-put/graduated) sangat ditentukan oleh manajemen mutu pembelajaran dan instruksi yang dijalankan dalam lembaga pendidikan tersebut.

Buku ini menyajikan Metode Manajemen Mutu Pendidikan (TQM) berbasis Psikologi Pendidikan dengan fokus manajemen pembelajaran dan instruksi pendidikan di tangan para tenaga ajar (guru). Ada enam hal besar (mainstream) yang dikupas buku ini:

* Memahami sifat dasar setiap pengetahuan: meneliti pengetahuan-pengetahuan yang memungkinkan terciptanya perubahan perilaku, mulai dari proses observasi dan sampai pencontohan (terapan).
* Penelitian pengetahuan sebagai pemikiran (wacana), perubahan-perubahan gagasan serta pengaruh perubahan-perubahan tersebut dalam diri para anak didik (siswa).
* Berbagai implikasi dari sifat dasar pengetahuan untuk merancang sebuah proses pembelajaran.
* Menunjukkan beberapa bentuk sampel perencanaan pembelajaran yang sistematis dan strategi-strateginya agar perencanaan-perencanaan tersebut berjalan lebih efektif.
* Mengevaluasi masalah-masalah yang muncul dalam usaha mengkoordinasikan berbagai aspirasi yang diterima para guru dari kelompok-kelompok siswa ~termasuk bagaimana mengelola masalah perilaku.
* Membedah kebutuhan-kebutuhan umum dan khusus para siswa yang berkaitan erat dengan proses pembelajaran di dalam kelas-kelas.

Selain faktor detil dan validitas format manajemen mutu pembelajaran yang ditawarkan di sini, kekuatan buku ini juga didukung oleh kemudahannya untuk diterapkan dan metodologi penelitiannya yang berbasiskan psikologi pendidikan. Walhasil, buku ini selain penting terutama bagi para pendidik, juga sangat berguna bagi para akademisi pendidikan (mulai kalangan mahasiswa, peneliti hingga dosen).